21 ORANG TERJARING RAZIA  KTP

21 ORANG TERJARING RAZIA KTP

Bertempat di halaman Kecamatan Tawangsari, (Selasa 26/09/2017 ) Tim Yustisi Kabupaten Sukoharjo, yang terdiri dari SATPOL PP, PPNS, Korwas PPNS, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Polsek,  dan Kecamatan Tawangsari, menggelar Operasi Tindak Pidana Ringan Penertiban Kartu Tanda Penduduk (KTP).  Dalam operasi kali ini Tim berhasil menjaring sebanyak 335 orang yang melintas di jalan depan Kecamatan Tawangsari dan terbukti melanggar tidak dapat menunujukan KTP sebanyak 21 orang atau 6,3 %.  Kepada para pelanggar selanjutnya dilakukan pemberkasan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan dilakukan Sidang ditempat oleh Hakim dari Pengadilan Negeri Sukoharjo.  Para pelanggar juga dikenakan denda sebesar Rp.20.000,-  biaya perkara Rp.1000,- hasil denda Operasi Tipiring disetor ke Kas Daerah.

Kasi Penegakan pada Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah, Bima Hani Kusuma, SH, selaku Pengendali Lapangan, menjelaskan operasi ini dilakukan untuk membuat tertib administrasi kependudukan terhadap warga masyarakat, “Maksud dan tujuan operasi ini adalah untuk membuat tertib administrasi kependudukan terhadap masyarakat, baik warga Sukoharjo maupun daerah sekitarnya” kata Kabid Gakda Satpol PP Kab. Sukoharjo.

Kegiatan ini diselenggarakan juga dalam rangka menegakan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, yang menjelaskan bahwa setiap penduduk  yang telah memiliki KTP wajib membawa pada saat bepergian. (wl).

Share